1. Faktor Internal
a) Strength (Kekuatan)
·
Keunggulan
produk Kami
menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang
lezat.
·
Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah ikan dengan nugget ikan
yang menarik,
·
Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan nugget ikan ini tersedia banyak dan mudah di dapat
serta harganya terjangkau. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat
meningkatkan pilihan ikan yang dijadikan nugget ikan.
b)
Weakness (Kelemahan)
·
Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu
kelemahan yang harus diatasi.
·
Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat nugget ikan.
Kurangnya keterampilan kami dalam proses pembuatan nugget ikan itu sendiri.
2.
Faktor Eksternal
a)
Opportunities (Peluang)
·
Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari nugget, karena nugget merupakan
makanan yang sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya nugget ikan ini akan menambah
variasi nugget dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
·
Sistem pemasaran
·
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup
mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan sekolahan.
b)
Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan biasa terjadi adalah keacuhan
konsumen. terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang di buat
dari bahan dasar ikan dan gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh
makanan-makanan modern, siap saji, dan dari bahan-bahan import.
A.
PERENCANAAN BISNIS
a) Sasaran dan Target Pasar
Sasaran
kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi
dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan
mahasiswa di kampus dan sekolahan, karena kami menganggap promosi akan lebih
efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah
produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti
facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan
dalam pemesanan dan pembelian produk kami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar